Workshop PPRG bagi Fokal poin SKPD Kota Yogyakarta

Workshop PPRG (Perencanaan dan penganggaran responsif gender) bagi fokal poin SKPD Kota Yogyakarta diadakan untuk meningkatkan kapasitas perencanaan dan penganggaran yang responsif gender bagi fokal poin SKPD di lingkungan Pemerintahan Kota Yogykarta. Workshop selama 2 hari ini yang diselenggarakan oleh KPMP (Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Perkumpulan Aksara.

workshop-pprg-kota-yogya

Pada angkatan kedua kali ini, workshop diikuti oleh 30 peserta dari lingkup SKPD Kota Yogyakarta. Workshop kali ini dibuka oleh Asisten Setda bidang pemerintahan Bpk. Drs. H. Achmad Fadli. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Penerapan PUG pada kegiatan di wilayah akan lebih mudah, namun pada tingkat SKPD lebih sulit. beliau juga menyampaikan bahwa secara kuantitas lebih banyak perempuan ketimbang laki-laki untuk itu Kebijakan kota dalam penganggaran responsive gender harus dipelajari lebih lanjut.Setelah sambutan kemudian dilanjutkan dengan refresh tentang issu kesenjangan Gender, PUG dan PPRG yang disampaikan oleh Susilo Budhi Sulistyo dan Anggoro Budi Prasetyo dari Perkumpulan Aksara.

workshop-pprg-bagi-fokal-poin-kota-yogya

Pada hari kedua, peserta diajak untuk mempelajari Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS). GAP merupakan alat analisis gender yang digunakan oleh pemerintah untuk menganalisa program atau kegiatan yang akan, sedang dan sudah dilaksanakan. Sementara GBS merupakan pernyataan bahwa sebuah anggaran program atau kegiatan sudah responsif gender.Workshop Kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat GAP dan GBS. Masing-masing peserta diminta untuk membuat GAP dan GBS tentang program atau kegiatan yang ada di masing-masing SKPD.